Minggu, 16 April 2017

Cara-cara Merawat Wajah Pada Kulit Sensitive

Cara-cara Merawat Wajah Pada Kulit Sensitive - Mungkin anda sering mendengar tentang jenis kulit sensitive. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit yang memerlukan perawatan khusus, sebab cepat sekali terkena iritasi. Cara merawat kulit sensitive sangat berbeda sekali dengan cara merawat kulit normal, oleh sebab itu banyak dari mereka yang memiliki jenis kulit sensitive kebingungan untuk merawat wajahnya sendiri.

Cara-cara Merawat Wajah Pada Kulit Sensitive

Sebelum kita membahas tentang cara merawat kulit sensitive, sebaiknya kita harus mengetahui bagaimana ciri-ciri kulit sensitive. Kulit sensitive adalah kulit yang terlihat tipis sehingga bagian dalam kulit terkadang dapat terlihat. Kulit jenis ini juga sangat mudah sekali terkena luka dan sebagainya, karena kulit sensitive sangat rentan / peka terhadap lingkungan dan suatu perubahan. Sedikit saja perubahan yang di dapatkan akan menyebabkan iritasi bahkan perubahan pada kulit sensitive tersebut.

Sebaiknya untuk merawat kulit sensitive kita harus hati-hati dan jangan sampai menggunakan kosmetik yang mengandung bahan kimia, parfum dan sebagainya, karena dapat menyebabkan iritasi maupun luka. Pilihlah kosmetik yang mengandung bahan alami agar keamannya terjaga dan kualitasnya juga terjamin. Jika memilih cream atau pelembab wajah sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit. Sebab jika salah memilih cream/pelembab wajah dapat mengakibatkan iritasi atau luka yang susah untuk disembuhkan.

Cara-cara Merawat Wajah Pada Kulit Sensitive

Cara-cara Merawat Wajah Pada Kulit Sensitive

Banyak sekali berbagai cara untuk merawat kulit sensitive, mulai dari memakan makanan yang dapat mengurangi peradangan pada kulit dan mencegah garis-garis halus atau kerutan seperti kunyit, jahe, kayu manis dan lada hitam. Untuk lebih jelasnya mari kita simak cara-cara merawat kulit sensitive di bawah ini, antara lain sebagai berikut :
  • Untuk merawat kulit sensitive sebaiknya gunakanlah produk yang mengandung bahan alami seperti chamomile dan aloe vera yang berfungsi sebagai anti iritasi.
  • Pilihlah tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside, sebab dapat mengatasi iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.
  • Jika kulit sedang iritasi, saat membersihkan wajah gunakan air dan make up remover wipes berbentuk tisu, hindari penggunaan waslap karena terlalu keras. Jangan menggunakan air dingin maupun air hangat sebab suhu ekstrim dapat mengititasi kulit secara cepat, sebaiknya gunakanlah air yang bersuhu normal.
  • Hindarilah menggunakan penyegar wajah yang mengandung alkohol, karena sangat rentan dan cepat bereaksi terhadap kulit sensitive. Sebaiknya pilihlah penyegar yang benar-benar mengandung bahan alami seperti witch hazel atau lavender.
  • Dalam menggunakan pembersih wajah sebaiknya hindari yang mengandung zat eksfoliasi. Jika memiliki kulit berminyak sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid untuk membuka sumbatan pori.
Demikian merupakan cara merawat kulit wajah sensitive yang bisa kita lakukan, namun ada juga cara lain yaitu dengan menggunakan bahan alami sehingga sangat aman untuk digunakan, yaitu sebagai berikut :
  1. Vitamin C : Kandungan vitamin C sangat cocok untuk perawatan kulit sensitive, sebab kulit sensitive biasanya memiliki kulit yang tipis sehingga penggunaan vitamin C sangat baik karena dapat membantu menyembuhkan penipisan kulit. Untuk mendapatkan vitamin C kita bisa melakukan berbagai cara yaitu dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C atau mengkonsumsi tablet vitamin C.
  2. Air Putih : Mengkonsumsi air putih secara teratur memang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Konsumsilah air putih minimal 2 liter perhari, sebab kandungan air yang cukup dapat membantu mengatasi masalah-masalah pada kulit sensitive, bahkan air mineral dapat mencegah alergi dan membunuh racun yang masuk ke dalam kulit sensitive.
  3. Madu : Madu merupakan anti inflamasi untuk mengurangi gejala alergi, madu juga dapat digunakan sebagai pelembut atau pelindung wajah. Madu dapat menjaga kelembaban kulit wajah sehingga kulit sensitive anda dapat terjaga kelembabannya.
  4. Kentang : Kentang dapat kita jadikan sebagai masker untuk merawat kulit sensitive, karena kentang berkhasiat untuk meremajakan kulit wajah sehingga sangat cocok untuk merawat jenis kulit sensitive. Cara menggunakan kentang sebagai masker dengan mengaplikasikan parutan kentang sebagai masker.
  5. Bubuk kopi : Bubuk kopi bisa kita jadikan sebagai perawatan jenis kulit sensitive, ada baiknya dalam menggunakan masker bubuk kopi campurkan juga madu ke dalamnya dan aduk hingga merata. Jika sudah diaplikasikan pada wajah dengan merata, diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Gunakanlah masker kopi dan madu secara rutin 1 minggu 2x agar hasilnya maksimal.
Itulah beberapa cara dalam merawat wajah untuk jenis kulit sensitive. Dengan adanya artikel di atas semoga dapat membantu anda yang sedang mencari cara merawat kulit sensitive sehingga masalah kulit sensitive tersebut dapat di atasi dengan baik dan benar. Semoga Bermanfaat !!!