Selasa, 18 April 2017

Bahaya Kosmetik Berbahan Kimia

Bahaya Kosmetik Berbahan Kimia - Pada umumnya kosmetik merupakan salah satu benda yang sangat digemari oleh wanita, karena dengan penggunaan kosmetik dapat membuat wajah tampak sempurna. Adanya flek hitam, jerawat, komedo dan lain sebagainya dapat disamarkan dengan menggunakan kosmetik. Namun, sekarang ini banyak penjual nakal yang mencampurkan bahan berbahaya ke dalam kosmetik, sehingga wajah yang tadinya ingin terlihat sempurna menjadi rusak akibat bahan kimia.

Dengan adanya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), bahan-bahan berbahaya dalam sebuah kosmetik dapat diketahui dan di tindak lanjuti. Tapi meskipun demikian dengan banyaknya penjual yang tidak bertanggung jawab, bahan kimia pada kosmetik masih terus saja dipergunakan. Untuk itu, sebaiknya kita hati-hati dalam memilih produk kosmetik dan teliti terlebih dahulu kandungan apa saja yang ada di dalamnya.

Bahaya Kosmetik Berbahan Kimia

Bahaya Kosmetik Berbahan Kimia

Untuk mengetahui bahan berbahaya apa saja yang ada di dalam kosmetik berbahan kimia, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Bahan Kosmetik Berbahaya :
  • Resorsinor
Resorsinol adalah salah satu zat berbahaya jika terdapat dalam kosmetik. Resorsinol dapat menyebabkan iritasi dan mengganggu sistem imun, bahaya resorsinol pada kulit luka atau kulit iritasi dapat mengakibatkan gejala dermatitis, iritasi mata, konvulsi, peningkatan detak jantung, hipotermia dan gejala lainnya.
  • Hydroquinone
Hydroquinone adalah zat reduktor yang mudah larut dalam air, kemampuan hyroquinone untuk menghambat pembentukan melanin membuat bahan tersebut digunakan untuk pencerah kulit yang sangat populer. Namun, penggunaan hyroquinone dalam jangka panjang dengan dosis tinggi dapat menyebabkan hiperpigmentasi, terutama pada daerah kulit yang terkena paparan sinar matahari dan dapat menimbulkan ochronosis (kulit kehitaman).

Zat hyroquinone tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut, sebab hanya boleh digunakan untuk pengeras kuku. Namun, hyroquinone sering di salah gunakan sebagai cream atau lotion pemutih kulit.  Efek samping dari hyroquinone akan terlihat setelah penggunaan selama 6 bulan dan kemungkinan bersifat irreversible (tidak dapat pulih kembali). Bahan ini sangat dilarang digunakan dalam bahan kosmetik perawatan kulit dan rambut, karena dapat menghilangkan pigmen kulit sehingga kulit menjadi putih pucat tidak beraturan.
  • Mercury
Mercury merupakan salah satu bahan yang sangat berbahaya jika digunakan di dalam kosmetik untuk perawatan wajah. Mercury adalah salah satu jenis logam berwarna ke abu-abuan yang tidak memiliki bau dan tidak bisa larut di dalam air. Bahan berbahaya ini sering di salah gunakan pada cream wajah dan lotion pemutih kulit, sebab dapat memutihkan kulit secara cepat atau instan.

Meskipun begitu, mercury sangatlah berbahaya jika digunakan pada kulit karena sedikit saja kosmetik dicampur dengan mercury dapat bersifat racun. Saat mengoleskan kosmetik/cream yang memiliki kandungan ini pada permukaan kulit, mercury dapat menyerap masuk ke dalam darah lalu memasuki sistem saraf sehingga bisa mengganggu persarafan, gangguan otak, gagal ginjal, cacat janin hingga kanker kulit. Dalam kosmetik, mercury dapat menimbulkan efek samping sebagai berikut :
  1. Flek hitam pada kulit akan cepat memudar, namun jika pemakaian dihentikan flek hitam tersebut akan muncul kembali dan semakin parah.
  2. Dapat mengakibatkan kanker kulit.
  3. Memutihkan kulit secara instan namun terlihat pucat bukan putih yang sehat.
  4. Dapat mengakibatkan efek reboun yaitu memberikan efek berlawanan. Bila mana diberhentikan kulit akan tampak kusam dan gelap.
  5. Dapat memperlambat pertumbuhan janin.
  6. Mengakibatkan keguguran
Bahaya Kosmetik Berbahan Kimia

Itulah beberapa bahan kimia yang berbahaya jika digunakan pada kosmetik. Agar terhindar dari bahaya kosmetik berbahan kimia, belilah di toko online yang sudah terpercaya atau di tempat-tempat terpercaya lainnya. Teliti terlebih dahulu bahan yang terkandung di dalam kosmetik/cream supaya tidak ada efek buruk di kemudian hari. Yang terpenting adalah cream atau kosmetik tersebut sudah memiliki no registrasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Jika sudah memiliki no registrasi dari BPOM, sudah di pastikan bahwa cream/kosmetik tersebut berkualitas dan terjamin keamanannya. Jika anda sedang mencari cream wajah yang terbuat dari bahan alami dan sudah memiliki no BPOM bisa anda pesan di toko online kami, cream tersebut adalah LIYOSKIN WHYTENING CREAM. Anda juga bisa memesan lewat TOKOPEDIA dengan cara klik gambar di bawah ini.


Bahaya Kosmetik Berbahan Kimia

Alamat Toko Kami : Ciamis, Jln.K.H Ahmad Dahlan no.85, Jawa Barat

Terimakasih atas kunjungan anda di website kami, semoga apa yang kami tulis dalam artikel ini dapat membantu agar terhindar dari bahaya kosemtik. Bagi yang sudah membeli di toko online kami, saya ucapkan Terimakasih atas kepercayaannya, karena Kepercayaan Anda adalah Sebuah Amanah.