Minggu, 26 Maret 2017

Faktor Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Faktor Penyebab Flek Hitam Pada Wajah - Wajah yang memiliki flek hitam merupakan sesuatu yang selalu para wanita hindari, karena menurut mereka hal tersebut sangat mengganggu penampilan hingga kecantikan wajah penderitanya. Flek hitam pada wajah tidak bisa disembuhkan secara cepat atau gampang, sebab sangat sulit untuk menyembuhkannya dan kita memerlukan 2-3 bulan agar flek hitam tersebut tersamarkan atau hilang dengan sempurna.

Masalah flek hitam pada wajah adalah hal yang sangat meresahkan, apalagi bagi mereka yang selalu menomor satukan penampilan. Banyak orang beranggapan bahwa adanya flek hitam pada wajah disebabkan oleh kulit wajah berminyak dan kering, namun hal tersebut tentu saja tidak benar. Penyebab atau faktor dari adanya flek hitam ternyata bisa di sebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan obat tertentu, akibat hormon dan banyak lagi.

Faktor Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Faktor Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Gejala yang ditimbulkan flek hitam biasanya akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna coklat terang yang merata. Bercak / noda hitam ini biasanya berbentuk lingkaran dengan berbagai ukuran dan warna, namun flek hitam juga dapat berkurang seiring berkurangnya intensitas paparan sinar matahari. Sebaliknya, jika terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan inflamasi atau disebut juga dengan sunburn freckles. 

Setelah mengetahui gejala dari flek hitam, tentu saja kita juga harus tahu faktor penyebab dari flek hitam itu sendiri, agar kita bisa menanganinya dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, mari simak faktor penyebab flek hitam pada wajah di bawah ini :
  • Usia
    Paparan sinar matahari yang terakumulasi dapat menimbulkan solaris lentigo yang umumnya dialami orang-orang berusia di atas 40 tahun. Hal tersebut dikarenakan, saat usia kita bertambah maka kemampuan kulit untuk meregenerasi berkurang. Saat itulah bercak-bercak/flek hitam itu muncul, bercak-bercak ini memiliki warna yang bervariasi mulai dari coklat terang hingga menyerupai liver dan sering di sebut sebagai liver`s spot.
  • Sinar Matahari (Ultraviolet)
    Sinar matahri merupakan faktor utama penyebab hiperpigmentasi, karena mampu mempengaruhi produksi melanin secara langsung. Melanin pada dasarnya merupakan tabir surya alami yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari/ultraviolet. Saat kita mendapaatkan sinar matahari berlebihan, produksi melanin dapat terganggu sehingga menimbulkan flek hitam pada wajah.
  • Hiperpigmentasi Pasca Peradangan
    Seperti namanya, hiperpigmentasi ini timbul setelah terjadinya trauma dan peradangan pada kulit, misalnya seperti setelah mendapatkan luka, terbakar, psoriasis, jerawat, eksim atau melakukan waxing. Menggunakan produk kecantikan dengan bahan yang terlalu keras juga dapat memicu munculnya flek hitam.
  • Perubahan Hormon
    Flek hitam yang timbul akibat fluktuasi hormon sering disebut sebagai melasma atau kloasma. Bercak ini di duga terbentuk karena hormon estrogen dan progesteron yang dapat menstimulasi produksi melanin secara berlebih saat terpapar sinar matahari. Melasma ini banyak dialami oleh para wanita yang sedang hamil sehingga sering disebut sebagai topeng kehamilan. Kondisi ini juga dapat dijumpai pada wanita menopause, mengkonsumsi pil KB, menderita disfungsi tiroid atau menjalani terapi hormone.
  • Genetik
    Faktor genetik atau keturunan dapat mempengaruhi jumlah melanin pada kulit. Orang berkulit gelap memiliki melanin alami yang lebih tinggi sehingga beresiko mengalami hiperpigmentasi lebih besar, melasma dan PIH juga cenderung lebih banyak terjadi pada pemilik kulit gelap. Meski demikian, hiperpigmentasi jenis freckles ini lebih mudah terlihat pada orang yang berkulit terang.
  • Konsumsi Obat-obatan dan Penyakit Tertentu
    Hiperpigmentasi dapat menjadi gejala penyakit autoimun, gastrointestinal, gangguan metabolis atau kekurangan vitamin. Flek hitam juga bisa muncul sebagai efek samping kemoterapi dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti anti biotik, anti malaria atau anti kejang.
  • Polusi
    Jika kita tinggal di kota besar dan memiliki flek coklat kemerahan di bagian wajah, mungkin polusi adalah penyebabnya. Flek hitam berkembang karena sel-sel kulit memproduksi antioksidan dan mengeluarkan melanin berlebih untuk mencegah kerusakan akibat polutan.
Faktor Penyebab Flek Hitam Pada Wajah

Setelah kita mengetahui penyebab dari adanya flek hitam pada wajah, sudah pasti kita akan mampu mengatasi permasalahan flek hitam tersebut. Penggunaan tabir surya atau sunblock sangat penting untuk kulit badan maupun wajah, karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan flek hitam. Menggunakan cream wajah juga merupakan hal yang penting untuk menghilangkan flek hitam pada wajah apalagi yang memiliki kandungan SPF sehingga dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Cream wajah yang dapat menghilangkan flek hitam dan permasalahan kulit wajah lainnya, juga memiliki kanudungan SPF di dalamnya adalah LIYOSKIN cream.